Sepuluh Calon Anggota Dewan Pengawas KPK Diserahkan ke Jokowi

Jhon
By
0

Baca Juga

Jakarta, iNet99.id - Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyerahkan 10 nama calon anggota Dewan Pengawas periode 2024-2029 kepada Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Ketua Panitia Seleksi, Muhammad Yusuf Ateh, mengatakan, keputusan akhir didasarkan pada hasil seluruh tahapan seleksi.

“Keputusan ini bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat,” kata Yusuf pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Daftar calon tersebut diserahkan kepada Jokowi di Holding Room Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, saat Presiden hendak terbang ke Nusa Tenggara Timur dalam rangka kunjungan kerja.

Dari nama-nama tersebut, Presiden Jokowi akan memilih lima orang anggota Dewan Pengawas untuk menjabat selama lima tahun ke depan.

Berikut profil singkat 10 calon Dewan Pengawas KPK:

Benny Jozua Mamoto – Perwira polisi purnawirawan dengan pangkat Inspektur Jenderal, saat ini menjabat sebagai Ketua Pelaksana Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).
Chisca Mirawati – Pendiri firma hukum Chisca Mirawati, Kanya & Partners, yang mengkhususkan diri dalam hukum perbankan dan keuangan.
Elly Fariani – Anggota Komite Audit di produsen pupuk milik negara PT Pupuk Indonesia dan mantan Inspektur Jenderal di Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Gusrizal – Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Selatan, sebelumnya bertugas di Pengadilan Tinggi Aceh dan Pengadilan Negeri Bogor.
Hamdi Hassyarbaini – Mantan Direktur Pengawas Bursa Efek Indonesia, saat ini menjabat Direktur Utama Sentra Bitwewe Indonesia.
Heru Kreshna Reza – Auditor Utama pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisaris Independen di PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).
Mirwazi – Perwira polisi senior berpangkat Komisaris Besar, saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Penindakan dan Intelijen di Badan Narkotika Nasional (BNN) Aceh.
Iskandar Mz – Mantan penyidik ​​Direktorat Tindak Pidana Korupsi Mabes Polri dengan pangkat Komisaris Besar.
Sumpeno – Mantan Hakim Pengadilan Tinggi Bali yang juga calon pimpinan Mahkamah Agung pada tahun 2019.
Wisnu Baroto – Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan yang juga menjabat sebagai Staf Khusus Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum.





Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)