Pabrikan Mobil Asal Inggris Bentley Perkenalkan Supercar Bermesin 12 Silinder, Continental GT Speed Edition 12 Ini Hanya Diproduksi 120 Unit

Jhon
By
0

Baca Juga

Kredit poto : Bentley
Jakarta, iNet99.id - Produsen mobil asal Inggris, Bentley memperkenalkan supercar terbarunya bernama Continental GT Speed Edition 12. Pihak Bentley menyebutnya ini adalah edisi terakhir dari Continental GT yang memakai mesin konfigurasi W12. Bentley sendiri secara resmi memperkenalkan mobil edisi terbatas ini di Jakarta pada Kamis (6/6/2024) lalu.


Lanjut baca : Ribuan Massa Menggelar Aksi Demo Di Depan Gedung Sate Bandung Menuntut Tolak Tarif Ojol Murah


Mobil ini adalah salah satu generasi terakhir yang akan memakai konfigurasi mesin W12. Karena kedepannya Bentley akan fokus memproduksi mesin V8 hybrid. Dirangkum dari berbagai sumber. Bisa dibilang mobil ini termasuk langka, karena hanya diproduksi sebanyak 120 unit. Indonesia kebagian satu unit, dan itu pun sudah ada yang membeli.

Kredit poto : Bentley



Simak beberapa hal-hal menarik dari Continental GT Speed Edition 12 :


  • Harga

Harganya diperkirakan di atas Rp 10 miliar, namun harga pastinya belum diketahui. Layaknya supercar, harganya akan semakin mahal tergantung kustomisasi yang diinginkan pembeli. Untuk satu unit yang sudah terjual di Indonesia, sang pemilik memilih semua opsi kecuali panoramic sunroof. Mobil tersebut memakai warna Opel Light yang hanya tersedia di edisi 12.

Kredit poto : Bentley


  • Velg

Mobil ini memakai velg ukuran 22 inci. Bagian velg ada sedikit gimmick, di mana velg dilengkapi tutup baut dengan memakai logo Bentley yang punya kemampuan self leveling. Tutup baut secara otomatis akan kembali ke posisi semula ketika mobil berhenti. Di belakang velg dilengkapi sistem pengereman cakram terbuat dari keramik.


Lanjut baca : Sidang Praperadilan Gugatan Status Tersangka Pegi Setiawan Digelar Di Pengadilan Negeri Bandung


  • Sayap Belakang Hidrolik

Pada bagian belakang terdapat sayap hidrolik yang bisa diatur secara elektrik. Masih di bagian belakang, untuk pembuangan gas dibuatkan muffler besar berbentuk oval di kedua sisi.

Kredit poto : Bentley


  • Interior

Bagian interior dibalut kulit dan Alcantara yang memakai motif diamond cutting di bagian jok dan door trim-nya. Dashboard dibuat tebal serta dilapis Grand Black yang memberi nuansa lebih gelap sekaligus mengkilap.


  • Kursi

Dua kursi depan dilengkapi fitur pijat Gan, jadi kalau perjalanan jarak jauh tak terasa capek. Sementara dua kursi tambahan di belakang hanya untuk formalitas saja, karena tidak nyaman untuk ditempati orang dewasa.


Lanjut baca : Kominfo Diduga Diretas Hacker, NIK Juga Nomor Perbankan Dan Rekening Bank Dijual Rp196,5 Juta


  • Kapasitas Mesin

Mengutip artikel resmi dari Bentley, untuk edisi 12 memakai mesin berkubikasi 6 liter yang didukung dengan turbocharger ganda. Mesin menghasilkan tenaga maksimal 649 hp di putaran 5.000 sampai 6.000 rpm. Torsi puncaknya adalah 900 Nm. Dari 0 sampai 100 km/jam bisa ditempuh dalam 3,6 detik. Torsi yang dimiliki edisi 12 bisa dibilang bertenaga monster Gan, karena torsi sebesar itu bisa dihasilkan dari mobil seberat 2,2 ton. Untuk top speedyang dapat diraih mencapai 335 km per jam. Tenaga disalurkan ke roda depan dan belakang melalui transmisi 8-speed dual clutch.

Kredit poto : Bentley


  • Jenis Mesin

Mobil ini memakai mesin 12 silinder yang pastinya Bentley edisi 12 ini akan boros, untuk mengatasi masalah itu pihak pabrikan telah menerapkan fitur cylinder deactivation system. Fitur yang bisa mematikan setengah silinder dari mesin W12, artinya dari 12 silinder hanya ada 6 silinder yang bekerja untuk menghemat bahan bakar. Meski 6 silindernya bisa dimatikan, mesin W12 ini masih agak boros.


  • Desain Eksterior

Untuk desain eksterior mobil ini serba membulat Gan, termasuk pada bagian lampu depan dan belakangnya. Desainnya sederhana dan tidak menujukkan kalau mobil ini bertenaga bengis. Untuk fitur keselamatan sudah sama seperti mobil-mobil keluaran terbaru saat ini yang dilengkapi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang mencakup fitur seperti Adaptive Cruise Control, sensor radar serta kamera 360. Untuk kamera, mobil juga dilengkapi kamera night visionguna membantu pengemudi berkendara di malam hari.

Kredit poto : Bentley


Mobil juga dilengkapi fitur suspensi udara yang bisa dinaikkan/diturunkan serta bisa diatur kekerasan/keempukannya. Mode berkendara terdiri dari 4 yakni Comfort, Sport, Bentley dan Custom. Mode berkendara "Bentley" merupakan mode berkendaran gabungan antara Sport dan Comfort. Mobil punya panjang 4.850 mm, lebar 2.187 mm, tinggi 1.405 mm, wheelbase 2.851 mm serta ground clearance 152 mm.


Dengan produksi hanya 120 unit, mobil ini akan menjadi semacam kenang-kenangan bagi Bentley, karena kedepannya mesin W12 tidak akan diproduksi. Sejak 2003, sekitar 100 ribu mesin W12 diproduksi di pabrik Bentley di Crewe, Inggris. Tapi dengan hadirnya mobil listrik dan isu kendaraan ramah lingkungan, telah memaksa pabrikan mobil di seluruh dunia menghentikan produksi mesin mobil bertenaga bengis. Kini banyak pabrikan memakai desain hybrid yang menggabungkan mesin konvensional dengan baterai dan motor listrik.

Editor : Jhon
Sumber Artikel : Bentley

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)