KPK Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Pengadaan CCTV Bandung Smart City, Diduga Menyeret Nama Sekda Dan DPRD

iNet99
By
0

Baca Juga

Bandung, iNet99.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan pengembangan penyelidikan kasus korupsi proyek Bandung Smart City. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, di Gedung Merah Putih KPK, Rabu, (13/32024).


“Betul ada pengembangan perkara di sana dan sudah pada proses penyidikan, beberapa pihak sudah ditetapkan sebagai tersangka, dari pihak eksekutif pemerintahan kota Bandung maupun dari pihak legislatif DPRD,” kata Ali, kepada wartawan.


Ali sendiri belum bisa membeberkan nama-nama tersangka baru dalam kasus tersebut. Untuk para tersangka baru akan kami umumkan secara resmi pada saat dilakukan penahanan terhadap para tersangka.

“Nanti kami akan update kembali nama-nama tersangka yang dimaksud untuk pengembangan perkara suap saat itu di kota Bandung. Dan seperti biasa kami akan mengumumkan secara resmi pada saat penahanan terhadap para tersangka,” papar Ali.


Ali menambahkan bahwa yang menjadi tersangka baru dalam kasus korupsi di proyek tersebut lebih dari dua orang yang berasal dari jajaran eksekutif dan legislatif Kota Bandung.

"Tersangka, ada dari legislatif, dan eksekutif. Lebih dari dua orang,” tambah Ali.


Meski Ali belum menyebutkan nama-nama tersebut, Namun Ali menuturkan bahwa kepada para tersangka baru itu semuanya akan dipanggil oleh KPK.

“Prinsipnya tadi, bahwa sudah naik ke penyidikan perkembangannya, iya. Beberapa pihak ditetapkan sebagai tersangka, iya. Dalam dugaan siapa saja di pihak eksekutif dan legislatif, pemanggilannya kapan? Nanti dijadwalkan,” kata Ali.


Kendati demikian Ali memastikan bahwa ketika orang sudah ditetapkan sebagai tersangka tentunya pasti akan ada pemanggilan, baik itu sebagai saksi atau sebagai tersangka.

“Sampai hari ini, saya belum konfirmasi tapi sudah pasti ketika orang ditetapkan sebagai tersangka ya dipanggil, baik sebagai saksi maupun sebagai tersangka,” ucap Ali menambahkan.


Berdasarkan informasi yang berkembang selama ini, salah satu yang menjadi tersangka baru dalam kasus korupsi tersebut adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna. Sementara dari legislatif DPRD Kota Bandung ada empat orang, yakni Riantono, Achmad Nugraha, Ferry Cahyadi dan Yudi Cahyadi.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan enam orang sebagai tersangka terkait proyek Bandung Smart City yaitu Yana Mulyana (Walikota Bandung), Dadang Darmawan (Kadishub Pemkot Bandung), Khairul Rijal (Sekretaris Dishub Pemkot Bandung), Benny (Direktur PT Sarana Mitra Adiguna), Sony Setiadi (CEO PT itra Jelajah Informatika), Andreas Guntoro (Manajer PT Sarana Mitra Adiguna).




• Red
• iNet99.id


#Korupsi #Bandung-Smart-City #Yana-Mulyana #DPRD-kota-Bandung #Pengadaan-CCTV #Berita-Terbaru


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)