Pemeran Semar Badranaya Meninggal Dunia Usai Pentas Di Acara Kampanye Ganjar-Mahfud

Jhon
By
0

Baca Juga

Solo, iNET99.id - Jelang penyerahan wayang kepada Ganjar-Mahfud, Seorang akademisi yang juga pemeran Semar asal Surakarya Badranaya Blacius Subono (70) meninggal dunia usai kampanye pamungkas Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/01/2024).


Kampanye akbar calon Presiden (Capres) dan wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 Ganjar-Mahfud di Solo berlangsung meriah, acara tersebut dihadiri ribuan simpatisan dan pendukung 03.


Namun seusai acara kampanye pamungkas tersebut dikejutkan dengan meninggalnya seorang akademisi ISI juga maestro gamelan asal Surakarta Blacius Subono. Dalam acara kampanye tersebut, Beliau memerankan Semar Badranaya.
Laki-laki berbadan gempal itu ambruk lemas dibelakang Ganjar setelah tampil memainkan lakon wayang orang di depan Balai Kota Surakarta.

”Itu pas adegan terakhir. Waktu itu sudah selesai sebetulnya. Beliau juga sempat bersalaman dengan Pak Ganjar dan Pak Mahfud,” kata  ST Wiyono, yang berperan sebagai narator.


Dalam acara tersebut Subono (Semar Badranaya) mengingatkan agar jangan lupa bahwa tuan seorang kepala negara adalah rakyat. Jabatan yang dipegang merupakan mandat dari rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi.

”Separuh dari kerusakan dunia ini karena ulah orang-orang yang merasa penting. Tetapi, separuhnya akibat orang-orang yang serakah,” kata Semar, yang diperankan Subono.

Pentas diakhiri dengan pemberian wayang tokoh Semar dan 
Wisanggeni kepada Ganjar dan Mahfud. Semar diberikan kepada Mahfud oleh Yenny Wahid sedangkan Wisanggeni diberikan kepada Ganjar oleh Puan Maharani. Wisanggeni sendiri menggambarkan sosok ksatria yang berpihak kepada rakyat, sedangkan Semar menggambarkan sosok rakyat yang jujur dan bijaksana.



- Jurnalis : Yana-Yayan
- Editor : Andi
- Media : iNET99.id

@copyright2024

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)