HOAKS! Hasil Perhitungan Suara Sementara Pilpres 2024 Luar Negri Di Media Sosial

Jhon
By
0

Baca Juga

Bandung, iNET99.id - Beredarnya kabar hasil perhitungan suara atau Quick Count Pemilihan Umum (Pemilu) luar negri dimedia sosial adalah HOAKS, bahkan kabar tersebut mendapat tanggapan serius dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Dalam hasil perhitungan tersebut, Pasangan calon Presiden (Capres) dan wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Prabowo-Gibran unggul di 7 negara, yaitu Malaysia, Singapura, Arab Saudi, Hongkong, Australia, dan Amerika.


Baca juga :

▪️Seorang Jurnalis Diduga Di Intimidasi Oleh Oknum Panitia Kampanye Rachel Maryam

▪️ Pemeran Semar Badranaya Meninggal Dunia Usai Pentas Di Acara Kampanye Ganjar-Mahfud


Sementara untuk Paslon nomor urut 1 ada diposisi kedua, dan Paslon nomor urut 3 ada diposisi ketiga.


Hasil penelusuran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominpo) menemukan fakta, Komisioner KPU Idham Holik mengatakan informasi yang diklaim dalam unggahan foto yang beredar dimedia sosial tersebut adalah tidak benar atau Hoaks.


Lebih lanjut menurut ketua KPU Hasyim Asy'ari menegaskan bahwa KPU melarang adanya hasil exit poll atau survei terkait Pemilu di mana pun sebelum 14 Februari 2024 nanti. Dan semua itu diatur berdasarkan Surat Keputusan KPU Nomor 122 tahun 2024.Bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 akan dilakukan lebih awal, juga  merujuk pada Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 disebutkan bahwa masa tenang Pemilu 2024 dimulai pada Minggu, 11 Februari 2024.


Baca juga :

▪️VIRAL ! Ahok Sebut Jokowi Dan Gibran Tidak Bisa Kerja, Ahok : Dimana ada bukti Gibran bisa kerja selama Walikota

▪️Bupati Bandung Ajak Para ASN Mengeluarkan Zakat Profesi


Kominfo menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai penyebaran HOAKS, pasalnya informasi Hoaks mengenai Pemilu bisa menurunkan Kualitas Demokrasi di Indonesia.


Agar tidak terjadi Hoaks yang bisa berpotensi memecah belah bangsa, Kominfo menghimbau agar masyarakat selalu merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti situs Pemerintah atau media yang dianggap Kredibel.



- Penulis : As

- Editor : Andi

- Media : iNET99.id



@copyright2024

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)