Cyberity Foundation Menemukan Layanan Cloud Situs Sirekap Dan Pemilu2024 Berlokasi Di RRC

iNet99
By
0

Baca Juga

Gambar simulasi hackers


Bandung, iNET99.id - Sistem Keamaman Siber atau Cyberity Foundation pemilihan umum (pemilu) 2024 menemukan kejanggalan dengan adanya layanan cloud situs Sirekap dan pemilu2024.kpu.go.id berada dilokasi  negara RRC, Perancis dan Singapura.


Cyberity Foundation sendiri adalah sebuah komunitas yang berfokus pada isu keamanan siber dan perlindungan data di Indonesia. Komunitas ini beranggotakan para pegiat dan praktisi keamanan siber dan masyarakat sipil yang concern terhadap masalah siber dan perlindungan data.


Baca juga : Kades Gudangkahuripan Apresiasi Petugas KPPS Yang Pergi Pagi Pulang Pagi


Beberapa hari yang lalu publik dihebohkan dengan anomali penghitungan suara dalam sistem rekapitulasi online Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam hal ini Cyberity Foundation menemukan banyak hal aneh yang terjadi di situs Sirekap dan pemilu2024.kpu.go.id.


Setelah ditelusuri ternyata situs tersebut telah disusupi pihak tidak bertanggung jawab. KPU pun sudah mengklarifikasi tentang temuan tersebut. KPU mengakui terdapat kesalahan akibat ketidaksempurnaan pembacaan (optical character recognition/OCR) formulir C Hasil yang diunggah melalui Sirekap. Kesalahan itu terjadi di 2.325 Tempat Pemungutan Suara (TPS).


Baca juga : Panwaslu Pasirjambu Tertibkan APK Dan Logistik Sudah Siap 100%


“kami dari Cyberity melakukan investigasi gabungan untuk mendalami sistem keamanan web aplikasi sirekap-web.kpu.go.id dan pemilu2024.kpu.go.id,” ucap Ketua Cyberity Arif ‘Bangaip’ Kurniawan, dalam siaran pers Sabtu (17/2).


Hal tersebut juga diketahui juga oleh seorang pengamat politik asal Bandung Edwin (40) saat ditemui d Banjaran siang kemarin (19/02) mengatakan bahwa setiap beliau mengecek situs pemilu2024.kpu.go.id menemukan kejanggalan - kejanggalan seperti contohnya dalam jumlah perhitungan jumlah suara saha partai politik dan caleg 1436, namun jumlah tersebut aneh karena setelah dilihat dan dihitung total semua jumlah suara partai dan caleg ternyata jauh dari jumlah 1436. Dan itu setiap hari berubah-ubah. Bahkan jumlah suara caleg malah ada yang turun dan ada yang naik dan begitupun sebaliknya.


Edwin berharap kepada pihak berwenang dalam hal ini KPU agar terus memperbaiki dan meningkatkan sistem keamanan situs perhitungan suara yaitu sirekap-web.kpu.go.id dan pemilu2024.kpu.go.id karena kalau tidak secepatnya diperbaiki maka ditakutkan akan terjadi penggelembungan suara juga untuk kepercayaan publik lebih meningkat.


"Saya berharap pemerintah secepatnya memperbaiki kedua situs tersebut agar kepercayaan masyarakat terhadap KPU sebagai Lembaga terpercaya untuk perhitungan suara pemilu meningkat," pungkasnya.

- Penulis : As
- Editor : Andi
- Media : iNET99.id


@copyright2024

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)