Panwaslu Kecamatan Pasirjambu Gelar Rakor Penguatan Kelembagaan

Jhon
By
0

Baca Juga



Bandung iNET99.id — Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang rencananya akan dilaksanakan pada 14 Pebruari 2024. Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa mengunakan hak pilihnya dengan baik. Selasa 30 Januari 2024, menggelar rapat koordinasi penguatan kelembagaan.

Kegiatan tersebut di laksanakan di kantor Sekretariat Panwaslu, yang bertempat di Jalan Block Ketib, Desa Pasirjambu Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Dalam teknis kegiatan rakor tersebut, Agus Syarif Hidayat, S.Pd.I., yang merupakan Ketua Panwaslu Kecamatan Pasirjambu, menjelaskan.

"Jadi, dalam rakor ini, semua para pengawas Pemilu, Kelurahan/ Desa, se-Kecamatan Pasirjambu, diberikan pembinaan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bandung dan oleh Eksternal Akademisi, tentang bagaimana strategi pengawasan di masa kampanye ini," katanya.


Selanjutnya, Agus Syarif Hidayat, melalui kegiatan tersebut, mengutarakan harapannya, yang mana dirinya sangat berharap kepada semua para pengawas Pemilu di Kecamatan Pasirjambu, agar bisa lebih baik dalam pengawasannya dan bisa membiarkan pemahaman kepada masyarakat.

"Kepada semua para pengawas yang ada di kecamatan pasirjambu ini. Semoga bisa melakukan tugasnya dengan lebih baik lagi. Dan memberikan pemahaman tentang bagaimana caranya mencoblos yang baik, sehingga masyarakat bisa menentukan pilihannya, dengan tidak merasa kebingungan," ungkapnya.

Sementara itu, Rizky Dwi Rahadian, Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H) Panwaslu Kecamatan Pasirjambu, saat ditanya, bagaimana agar tidak ada pelanggaran dalam kampanye. Sesuai tugas fungsi kerjanya, Rizky mengatakan.


"Jadi sebelum adanya kegiatan kampaye digelar, kita selalu mengutamakan pencegahan pelanggaran, dengan cara memberikan surat himbauan,  kepada semua partai politik itu sendiri, yang akan melaksanakan kampaye," ungkapnya.

Kemudian, Rizky Dwi Rahadian, ketika ditanya terkait ada dan atau tidak adanya pelanggaran saat pelaksanaan kampanye di kecamatan pasirjambu, dirinya mengatakan, bahwa sejauh ini, tidak menemukan pelanggaran kampanye dan bisa dibilang relatif aman.

"Karena kita selalu mengutamakan pencegahan dari awal, allhamdulilah kita tidak menemukan pelanggaran, karena kita selalu mengarahkan agar semua partai politik saat melaksanakan kampanye tidak melakukan Money Politic, jika memang itu ada pemberian seperti minyak goreng misalnya, itu kita arahkan agar tidak mengasihkannya dengan cuma -cuma, tetapi harus di beli dengan contoh membuka bazar," jelasnya.


Selanjutnya, dalam kegiatan yang sama, hal yang senada juga disampaikan oleh, Lusi Martiyani, Kordiv Penanganan Pelanggaran Penyelesaian Sengketa (P3S) Panwaslu Kecamatan Pasirjambu. Saat ditanya, terkait pelanggaran kampanye. Ia mengatakan.

 "Alhamdulilah, di kecamatan pasirjambu, sampai saat ini lancar, dan belum ada penangan pelanggaran atau penyelesaian sengketa yang ditindak, karena dari awal pencegahannya dilakukan dengan baik," katanya.

Diakhir pembicaraan Lusi Martiyani, P3S, Panwaslu Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, mengutarakan haranpanya, dalam pemilu 2024 ini.

"Mudah-mudahan, dalam tahapan masa kampanye ini, kita diberikan kesuksesan, dalam pengawasannya, sehingga kampanye dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib," pungkasnya.***

— Jurnalis: Uus.
— Editor: Andi.
— Media: iNET99.id.


Tags :
#Pemilu #kpps #kabupaten-Bandung #Pasirjambu

@copyright2024

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)