Cara Mengetahui HP Disadap Orang Lain, Dan Cara Mengatasinya

iNet99
By
0

Baca Juga



Teknologi, iNET99.id - Di zaman serba digital sekarang, smarthphone atau lebih dikenal dengan nama Handphone (HP) adalah salah satu barang yang mungkin sudah wajib orang punya. Namun, seiring berkembangnya jaman ke era digitalisasi sekarang masih banyak orang yang belum tau apakah HP kita aman atau tidak dari serangan Hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab atas pencurian data di HP kita (Penyadapan/Retas).

Penyadapan dapat terjadi kapan saja dan tentunya beresiko sangat besar jika hal itu terjadi. Mulai dari data pribadi yang disalahgunakan, hingga kerugian materil.

Kita perlu mewaspadai beberapa hal yang mungkin menjadi pertanda kalau HP disadap. Kali ini iNET99.id akan coba merangkum beberapa cara mengatasi hal tersebut diatas. Simak artikel di bawah ini yuk!

Cara Mengetahui HP Disadap dan cara mengatasinya

Sebenarnya banyak cara untuk mengetahui tanda-tanda bahwa HP kita sedang dilacak, disadap, atau dipantau oleh seseorang. Berikut adalah tanda-tanda HP disadap versi iNET99.id

1. Baterai cepat panas dan daya tahan baterai menurun

Cara pertama adalah kalian perhatikan dan rasakan apakah baterai kalian cepat panas atau tidak. Jika cepat panas itu bisa jadi HP kalian disadap orang lain, karena ketika baterai cepat panas, penyebabnya mungkin didalam hp kalian ada tertanam aplikasi aneh yang kalian tidak mengetahuinya. Aplikasi aneh tersebut terinstal di HP kalian lewat media chat atau lewat email yang kalian terima terus d buka dan diklik,yang akhirnya masuk kedalam sistem HP kalian.

Berikut cara mengatasinya :

Pertama

a. Buka HP kalian kemudian klik pengaturan
b. Setelah itu kalian cari Management Aplikasi
c. Kemudian kalian buka dan cari nama apliakasi aneh tersebut dan hapus

Note : Nama aplikasi aneh tersebut yang dimaksud adalah seperti nama "Spycam", nah jika kalian menemukan nama tersebut, kalian langsung hapus ya, karena itu jenis aplikasi penyadap.

Kedua

Kalian buka aplikasi telepon, lalu ketik *#21# , atau bisa juga *#61* atau *#62# ,kalian tinggal pilih salah satu saja. Setelah itu akan muncul notifikasi berupa kalimat Penerusan Panggilan (voice,sms,data,fax,paket,singkron dan PAD). Setelah muncul notifikasi tadi kalian klik OK. Jika panggilan atau notifikasi ada kata diteruskan, maka langkah kedua adalah bagaimana cara memutuskan atau mengatasinya adalah dengan buka aplikasi telepon dan ketik ##002# ,maka akan secara otomatis terhapus.


2. Munculnya suara aneh saat menerima panggilan telepon

Jika kalian menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal, dan terdapat bunyi klik, statis, atau suara aneh yang masuk saat kamu menerima panggilan bisa menjadi tanda bahwa percakapan kamu sedang direkam diam-diam. Selain itu, munculnya suara yang terpisah-pisah juga menjadi tanda HP telah disadap.

Nah untuk cara mengatasinya adalah segera tutup telepon anda, bila perlu blokir nomor tersebut. Dengan catatan jika yang telpon anda adalah orang tersayang atau orang yang anda kenal, sebaiknya tutup/akhiri telepon anda lalu bilang "habis kuota/baterai". Heeeee.. itu juga jika kalian tidak menghendaki pembicaraannya disadap gaes.

Nah, dari semua hal diatas, lantas bagaimana cara mengatasi HP disadap setelah mengetahui bahwa anda telah disadap?

1. Menganti password HP, m-banking (jika perlu), email, dan media sosial kalian.

2. Reset HP anda ke mode Pabrik/setelan pabrik.

3. Menghubungi Call Center Provider kalian dan laporkan bahwa nomor kalian telah disadap. Namun jika hal ini dilakukan, maka provider akan menonaktifkan sementara nomor kalian untuk mencegah penyadapan di hp kamu.

Nah sobat, itulah cara mudah mengatasi HP disadap orang lain. Bagaimana mudah kan?. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan tentunya tetaplah waspada!!!


Editor : Andi
Media : iNET99.id

Tags : #Android #Sadap #HP

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)